Skip to content
September 29, 2009 / zon

Mau Hidup Abadi? Tunggu 20 Tahun Lagi

otak-kepalaPernah luka? Pasti pernah dong ya. Berapa lama luka itu sembuh? Misalnya kita jatuh, terus kulit kita luka. Kita obati, kasih obat merah, plester, dan lain-lain. Berapa lama sembuhnya? Mungkin nggak terlalu lama, beberapa hari sembuh. Bagaimana kalau yang luka itu organ vital yang ada ditubuh kita, misalnya jantung? Wah, berat tuh, mungkin susah sembuh. Malah bisa menyebabkan kematian.

Tapi menurut seorang ilmuwan, nggak lama lagi kira-kira 20 tahun lagi, resiko keadaan fatal seperti itu nggak akan terjadi lagi. Kata dia, nantinya dengan kemajuan teknologi nano, kita bisa mengganti berbagai organ tubuh termasuk organ vital dengan mudah.

Wow…

Kutipan dari Telegraph, dia bilang begini:

“Saya dan banyak ilmuwan lainnya percaya bahwa dalam kurun waktu 20 tahun ke depan kita mempu memprogram ulang software kuno pada tubuh kita, dan menghentikan proses penuaan lalu membaliknya. Teknologi nano akan membuat kita hidup selamanya.”

Weleh, weleh…

Lebih lanjut, nanti gambaran situasinya menurut dia akan seperti ini:

  • Nanobot akan menggantikan sel darah, dan akan bekerja ribuan kali lebih efektif (dari sel darah).
  • Di ajang olimpiade kita bisa berlari sprint selama 15 menit tanpa perlu ambil napas, dan kita bisa menyelam selama empat jam tanpa perlu oksigen.
  • Orang terkena serangan jantung – ini buat orang yang belum mengganti jantungnya dengan jantung bionik – bisa pergi ke dokter dengan tenang (nggak panik/terburu-buru) untuk menjalani operasi kecil. Dia bisa bertahan hidup (dengan kondisi serangan jantung itu) karena darah buatan.
  • Nanotechnology akan meningkatkan kemampuan mental kita sampai pada tingkat di mana kita bisa menulis beberapa buku hanya dalam beberapa menit saja.
  • Jika kita ingin beralih ke mode virtual reality, nanobot akan mematikan sinyal otak, lalu kita bisa pergi kemana saja kita mau. Virtual sex akan jadi tempat yang sering dikunjungi. Udah kebaca dah😛
  • Di kehidupan sehari-hari, hologram gambar muncul di benak kita untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Ckckckckckckck….. persis seperti film science fiction ya…?

Ngomong-ngomong siapa sih ilmuwan ajaib ini? Dan dari mana dia bisa memperkirakan jangka waktu 20 tahun itu sebagai era teknologi nano?

*

*

Ray Kurzweil dan teori Law of Accelerating Returns

raymond-kurzweil-fantastic-voyageRay yang nama lengkapnya Raymond Kurzweil itu ilmuwan asal Amerika Serikat berusia 61 tahun (lahir 12 February 1948) yang merupakan penemu dan juga ahli futurist (masa depan). Dia terlibat di berbagai penelitian optical character recognition (OCR), sintesis text-to-speech, teknologi speech recognition, dan juga instrumen elektronika. Dia penulis beberapa buku tentang kesehatan, artificial intelligence (AI), transhumanisme, dan masa depan.

Di kalangan ilmuwan, dia ini ilmuwan besar yang dianggap sebagai penerus dan pewaris Thomas Alva Edison (penemu lampu pijar). Majalah Forbes menjulukinya sebagai “the ultimate thinking machine“. Jiahahahahha… mungkin karena dia memang mirip mesin kali ya:mrgreen:

Si Kurzweil ini punya teori yang dinamakan Law of Accelerating Returns. Saya ambil dari situsnya di KurzweilAI.net, begini teorinya:

The Law of Accelerating Returns

An analysis of the history of technology shows that technological change is exponential, contrary to the common-sense “intuitive linear” view. So we won’t experience 100 years of progress in the 21st century — it will be more like 20,000 years of progress (at today’s rate). The “returns,” such as chip speed and costeffectiveness, also increase exponentially. There’s even exponential growth in the rate of exponential growth. Within a few decades, machine intelligence will surpass human intelligence, leading to The Singularity — technological change so rapid and profound it represents a rupture in the fabric of human history. The implications include the merger of biological and nonbiological intelligence, immortal software-based humans, and ultra-high levels of intelligence that expand outward in the universe at the speed of light.

Ngerti nggak maksudnya? Nggak ngerti? Sama dong…:mrgreen:

Ya kira-kira intinya bahwa kemajuan teknologi itu meningkat secara eksponensial, bukan linear. Jadi, kemajuan ini begitu pesat sehingga kalau dibandingkan, 100 tahun sekarang ini tingkat kemajuannya kira-kira setara dengan kemajuan 20.000 tahun di masa lalu.

Nah, berdasarkan teorinya dan pengamatannya pada teknologi itulah dia punya hitung-hitungan dan akhirnya meyakini teori bahwa 20 tahun lagi teknologi akan sangat maju ditandai dengan penguasaan teknologi nano. teknologi nano inilah nanti yang akan membuat kemajuan pesat di bidang kedokteran, mesin dan elektronika yang bisa menggantikan organ tubuh manusia dengan apa yang disebutnya nanobot (robot teknologi nano).

“Jadi, kita bisa melihat dunia dimana manusia menjadi cyborg, dengan kaki buatan dan organ buatan” begitu katanya.

terminator-sarah-connor

kalo udah begini, nggak usah takut muka jelek, bisa diganti kok :p

Ngomong-ngomong, apa iya hidup abadi itu enak? Mungkin iya kalo senang terus, lah kalo hidupnya bikin pusing gimana dong…?

Terlepas dari nantinya bisa hidup abadi atau nggak, dengan kemajuan teknologi yang nyatanya memang sangat cepat dan semakin cepat saja tingkat kemajuannya, bisa jadi kondisi tubuh manusia seperti yang digambarkan oleh si ilmuwan ini benar-benar jadi kenyataan. Mungkin perhitungan waktu yang disampaikan si ilmuwan meleset, bukan 20 tahun, tapi 50 tahun, atau lebih. Hanya masalah waktu. Kecuali bila kiamat datang duluan❗

Dan jadilah nantinya manusia berwujud robot. Mungkin kata-katanya akan diperhalus menjadi robot yang berbudaya, atau manusia unggul, atau apalah, intinya tetap saja robot.

Hwaaa… tidaaaaakkkkkk…….!!!

  • Lagunya Freddie Mercury: Who Wants To Live Forever, checked.
  • Lagunya AHA: Forever Young, checked.
  • Film Terminator: checked.

Akankah kota-kota di dunia nantinya menjadi seperti ini:

terminator-salvation-poster-01terminator-salvation-poster-02terminator-salvation-poster-03

Rise of the Virgin… eh salah, Rise of the Machine…!!!

.

Lintas Beritakan!

Share

.

Baca juga artikel-artikel lainnya yuks….😀

.

  1. KangBoed / Sep 29 2009 16:07

    pertamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaxxzz

    • KangBoed / Sep 29 2009 16:08

      keeeekekekekekekekkkkk HIDUP ABADI manusia di dunia

      • KangBoed / Sep 29 2009 16:10

        Sama aja manusia mau menjadi TUHAN lagi yaaaaaaaakakkkkkkkk

      • KangBoed / Sep 29 2009 16:10

        kalaukan si kucing Garong

      • KangBoed / Sep 29 2009 16:11

        pengennya dapat..

        kelimaaaaaaaaaaaaaaaaaxxxxzzz aja dah cukup

      • endang kusman / Okt 1 2009 10:25

        Kalau hidup manusia bisa abadi seperti itu, dunia cepet penuh kali…

      • KangBoed / Okt 2 2009 10:33

        penuh ku aki aki jeung nini nini.. waaakakakakakakkkk

  2. KangBoed / Sep 29 2009 16:11

    WWaaaaaaaaaaaaaakakakakakakakak..

    • KangBoed / Sep 29 2009 16:12

      HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRRRRRR

      • KangBoed / Sep 29 2009 16:12

        Sebulan sudah kita jalani Ramadhan bersama
        Malam penghujung hari yang indah ini
        Genderang Perang sudah di tabuh.
        Pekik Kemenangan dikumandangkan
        Alunan Nada Pengagungan dinyanyikan
        Suara Riang Gembira berkeliling kota
        Ramadhan dengan segala perniknya telah kita lewati bersama
        .

        “Demi Masa sesungguhnya manusia itu merugi”

        .
        Mudah mudahan Jerit kemenangan ada dalam diri kita semua
        Sebab tiadalah semua ini kecuali kembali kepada Fitrah Diri
        Mari bersama kita saling mensucikan diri menuju Illahi Robby
        Membersihkan diri melangkah menemukan diri sebenar diri
        Mulai menghampiri DIA tulus ikhlas karena CINTA
        Meraih keselarasan diri dalam Ketenangan Jiwa
        Bebenah dan jadikan momentum kemenangan ini
        Menjadi Manusia seutuhnya meliputi lahir bathin
        Dahulu datang putih suci bersih
        Mudah mudahan kembali suci putih bersih
        Tiada kata yang terungkap lagi
        Mari kita bersama menyambut hari yang FITRI
        Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
        Taqoba lallahu minnaa wa minkum
        Shiyamanaa wa shiyamakum
        Minal ‘aidin wal faizin
        Mohon maaf lahir dan batin

        Dari :
        ” Kang Boed Sekeluarga “

        Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
        ‘tuk Sahabat Sahabatkuku terchayaaaaaaaank

        I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

      • KangBoed / Sep 29 2009 16:15

        mudah mudahan semangat lebaran.. semangat persahabatan dalam CINTA dan KASIH SAYANG terus melekat di hati kita semua.. dan bertumbuh kembang membangun kembali kepribadian bangsa yang ramah dan penuh CINTA
        salam sayang untukmu saudaraku

      • KangBoed / Okt 2 2009 10:32

        🙄🙄

        waaaaaaaakakakakkk

  3. alamendah / Sep 29 2009 18:43

    Walah KangBoed….
    Serakah banget, sih?
    wakakakakakakak

    • Yep / Sep 30 2009 12:29

      Dimana-mana kalau ngak botol ijo…ya botol kuning yang pertamaxxxxxxx
      Wuakakakaka….. 😆

  4. teaterbumi / Sep 29 2009 21:00

    kunjungan balik nih…Berau itu adanya di Kalimantan Timur…oia…ditunggu lo artikel tentang perkembangan teaternya..sharing…sharingg……salam budaya

  5. BeLajaR / Sep 29 2009 22:34

    baca cepat-cepat, ingin segera komentar…

    ga kebayang klo bisa hidup abadi…
    ntar terlalu banyak yg dipertanggungjawabkan,😀
    kecuali, masih bisa hidup bersama nabi muhammad…

  6. ruanghatiberbagi / Sep 30 2009 05:23

    gimana yah jadinya dunia ini kalo spt itu?

    • KangBoed / Okt 2 2009 11:10

      penuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  7. julie / Sep 30 2009 10:17

    ga seru lagi donk ya bro kalo kita hidupnya abadi
    ntar ga ada yang berdoa lagi
    ga ada yang ngejer2 cewe lagi
    yaaah bosan donk

  8. Yep / Sep 30 2009 12:28

    Hi…hi…bisa jadi ini akan terjadi ya ? 🙂
    Tapi yah tidak perlu kita khawatirkan rasnya…
    inilah peradaban yang mungkin harus dilalui umat manusia bukan ? 🙂

  9. ikiakukok / Sep 30 2009 14:47

    kalau aku hidup abadi satu-satunya yang aku inginkan adalah kematian!

  10. mamah aline / Sep 30 2009 14:59

    Entahlah, gak kebayang dalam 20 tahun kedepan teknologi akan secanggih itu

  11. isnuansa / Sep 30 2009 18:33

    Kalo dunia jadi abadi rasanya pasti aneh, jadi penuh sesak. Lihat film-film robot aja saya ngeri, apalagi mengalami sendiri kehidupan penuh kemudahan ala robot2 itu.

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:22

      hehehehe.. manusia robot sapa mau jadi ROBOCOP

  12. Real News / Sep 30 2009 22:19

    tambahkan HeadLine Anda di http://real-news.co.cc dan tingkatkan Trafic ke blog anda

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:23

      hatur nuhun tararengkyu..

  13. ILYAS AFSOH / Okt 1 2009 06:43

    ilyas masih manusia

    ah, gak nyambung koment nya

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:23

      saya zombie

  14. Agus / Okt 1 2009 08:53

    Okelah orang ilmuwan pinter bikin robot dan akan menciptakan hidup abadi tapi kalau Tuhan menghendaki lain maka tidak akan ada yang mencegahnya, Dikasih Bencana Tornado 10 menit aja habis tuh..bumi, ilmuwan terlalu pintar tapi jangan berlebihan ya wan😆
    Orientasi kebahagiaan adalah untuk dunia dan akhirat. Jadi di dunia menang, di akhirat juga menang…Ngapain hidup selamanya hanya untuk kebahagian dunia tapi akhirat celaka..maaf ini hanya pendapat dari orang awam…makash zons udah mampir ke blogku kemarin..semoga dengan blog zons ini semua terbuka hatinya..dan mengerti tentang hidup dan untuk apa?

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:24

      hehehehe.. bingun dah

  15. endang kusman / Okt 1 2009 10:21

    Kalau hal itu bisa terbukti pada 20 tahun mendatang.. memang luar biasa. Paling tidak orang-orang yang memiliki banyak uang yang bisa menikmatinya ketika organ tubuhnya perlu diganti. Tapi bagi orang-orang biasa yang pas-pasan mungkin tetap saja seperti sekarang hanya bisa pasrah kepada yang Kuasa.
    Salam sukses.

  16. dedenia72 / Okt 1 2009 13:09

    sebelumnya saya minta maaf karena baru bisa melakukan kunjungan balik dikarenakan mudik lebaran. Karena rumah saya kampung, jadi susah tersambung dengan internet. hehehe..
    tak ada kata terlambat untuk saling silaturahmi dan bermaafan.
    Minal Aidin wal Faidzin.
    mohon maaf lahir dan bathin..
    salam rimba raya lestari..

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:29

      silih hampuranyaaaak

  17. the_jancux / Okt 1 2009 14:02

    kok nick name ku dah ada ya..?, welcome back the_jancux

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:29

      🙄 haahahahahahha..

  18. Babesajabu / Okt 1 2009 15:26

    Wah, kalau udah seperti ini, dunia semakin penuh dong.

    • KangBoed / Okt 2 2009 12:30

      hehehe.. pinuh aki jeung nini

  19. bocahbancar / Okt 2 2009 03:33

    Hhmm……bisa jadi sich..
    Namun kemungkinan kecil jika robot yang akan menguasai jagat raya ini, adanya ya Kiamat he he he… (karena Robot tidak bertuhan)

    Salam semangat selalu
    http://garasiusaha.wordpress.com/

  20. KangBoed / Okt 2 2009 12:30

    hehehehehe.. TUHANNYA ROBOT yaaaak..

  21. morishige / Okt 2 2009 13:46

    makin gila aja..
    haha..

  22. gusfudz / Okt 2 2009 18:00

    moga aku gak sempat ngerasain dunia yang kayak gitu. Dipimpin manusia aja udah sengsara…apalagi entar makhluk2 robot yag berkuasa..waduh!!! ngeri euy!!..he..he..he

  23. rudyanto / Okt 3 2009 11:55

    saya setuju dengan Mr. ultimate thinking machine
    1. saat ini perkembangan (sejak tahun 1980) teknologi melompat sangat cepat,
    berpuluh kali lipat dibandingkan tahun 1900 an
    2. teknologi nano (dipercaya sebagai) adalah teknologi idaman untuk membantu
    manusia menjadi lebih ….. hebat, kuat, sehat, cerdas dll.

  24. azzaam / Okt 9 2009 18:03

    kalau benar seperti itu, maka dunia akan makin mendekati kiamat…
    karena teknologi seperti itu bakal membuat manusia menjadi makin sombong dan jauh dari tuhan sang pencipta alam semesta…
    jangankan teknologi keren seperti itu, teknologi kloning saja sudah membuat banyak ilmuwan amerika sesumbar, apalagi yang seperti itu…
    ya gak🙂

  25. swastika87 / Okt 16 2009 22:17

    main nie maz

  26. achie / Nov 23 2009 10:35

    aduh…ga mau….seremm…kayanya g mungking banget bisa kaya gitu…klo gitu sebenernya bukan hidup abadi tp menyiksa diri.paling orangnya dah mati yang ada cuma robotnya doank tp dianggap manusia…halah dunia makin gila ja nieeh…ckckckck…

  27. lolo / Des 8 2009 23:45

    BULLSHIT….!!!!!!

  28. Riky / Apr 4 2010 20:31

    Aslm. Kasihan sekali nih ilmuan. Belum pernah dengar laguny Peterpan ” Tak Ada Yg Abadi”. Tidak ada yg abadi didunia ini apalagi urusan umur. Klu sudah tua, ya tua lah. Tidak bisa kembali ke muda. Saya senang dengan ilmu pengetahuan dan penelitian, tidak semuanya. Yg jelas tidak melanggar hukum Allah. Klu yg ini jelas2 sudah melanggar hukum Allah. Karena dia sudah merubah keyakinan akidah seseorang, yg awalnya percaya bahwa hanya Allah yg tahu kematian, tiba2 100% percaya bahwa teknologi ini yg bakal menghambat kematian. Hehehe…..Klu teknologi saya yakin 100% tidak akan bisa diterapkan, karena Allah lah segala-galanya. Syukron.

  29. akang / Okt 8 2010 19:24

    wah !
    manusia jdi robot !!!

    melawan kodrat dari yang maha kuasa ath

  30. adrianto / Okt 30 2013 09:29

    ketika manusia menjadi cyborg apaka mereka jg mempunyai akal

  31. Panji Putra Ragiel / Agu 14 2014 11:43

    gk ada yg abadi didunia ini, kecuali Allah SWT

Trackbacks

  1. Otak dan Komputer 2020 - a. FauziAnwar .w

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: