Skip to content
November 18, 2009 / zon

Kiamat 2012, Kalender Maya, dan Tentang So What Gitu Loh

patung-patungan :P
patung-patungan😛

Salah satu hal yang paling menghebohkan belakangan ini adalah adanya perkiraan yang menyebutkan bahwa dunia ini akan mengalami bencana dahsyat sehingga diprediksikan dunia bisa hancur  a.k.a mengalami kiamat pada tahun 2012. Bahkan, ada film yang menggambarkan tentang ramalan ini.

Tapi selain itu, ada juga yang sampai berani juga menyimpulkan bahwa kiamat tidak akan terjadi pada tahun 2012 nanti.

Ada juga yang mengaitkan kejadian bencana besar ini dengan berakhirnya penanggalan suku Maya, sebuah suku asli Indian di benua Amerika sana, seperti yang disampaikan Tempo berikut ini:

Film “2012” memancing kontroversi di Indonesia karena memunculkan bencana besar. Bencana itu disebut-sebut terkait dengan berakhirnya penanggalan panjang suku Maya.

Penanggalan Maya memang agak aneh dibanding kalendar yang dipakai di dunia maupun kalendar Indonesia, misalnya. Biasanya perhitungan hanya sepanjang satu tahun.

Maya, suku Indian Amerika Latin, memiliki tiga sistem kalendar yang dipakai bersamaan. Di satu kalendar, satu tahun memiliki panjang 265 hari, satu lagi 260 hari, dan satu lagi–disebut perhitungan panjang–akan berakhir pada 2012 itu.

Penanggalan perhitungan panjang itu memiliki unit:

1 hari = kin, 20 kin = uinal, 18 uinal = tun, 20 tun = katun, 20 katun = baktun

Lingkaran panjang=13 baktun

Bandingkan dengan penanggalan masehi yang lazim digunakan dunia saat ini yakni:

30/31 hari = bulan (kecuali Februari yang 28/29 hari)
12 bulan = tahun

Dengan perhitungan panjang itu, satu baktun memiliki panjang 144.000 hari atau sekitar 400 tahun. Saat ini penanggalan masuk baktun ke-13.

Dengan tanggal Maya, hari ini Rabu (18/11) adalah

12 baktun, 19 katun, 16 tun, 15 uinal, 11 kin.

Yang menjadi persoalan, sebagian ahli menyatakan penanggalan Maya hanya sampai pada baktun ke-13. Baktun ke-13 ini akan berakhir pada tanggal 20 Desember 2012.

Pada 20 Desember 2012 itu, penangalan Maya menjadi
12 baktun, 19 katun, 19 tun, 17 uinal, 19 kin.

Sehari berikutnya akan masuk baktun ke-14 yakni

13 baktun, 0 katun, 0 tun, 0 uinal, 0 kin

Sejumlah ahli, seperti dari badan antariksa Amerika Serikat, menyatakan bahwa pada penanggalan Maya akan mulai lagi pada tanggal 1. Tidak dijelaskan apakah masuk baktun ke-12 atau mulai lagi dari titik awal seperti beberapa ribu tahun silam atau masuk ke baktun ke-14.

Suku Maya sendiri, menurut Susan Milbrath, kepala bagian seni dan arkeologi Amerika Latin di Museum Florida, tidak menyebutkan dunia bakal berakhir jika baktun ke-13 ini selesai.

Yah….


Waduh, kok saya malah pusing dijelaskan hitung-hitungan penanggalan begitu😛

Buat umat beragama, prediksi tentang terjadinya kiamat yang bisa terjadi pada 2012 nanti, sebenarnya bukan sesuatu yang harus jadi istimewa. Bukan apa-apa, umat beragama memang harus selalu menyiapkan diri untuk menghadapi kematian, yaitu bagaimana membawa bekal yang cukup untuk hidup selanjutnya sesudah kematian.

Kematian itu sendiri bisa datang kapan saja. Bisa seminggu lagi, atau 6,35 bulan lagi, atau dua tahun lebih 24 hari lagi, atau tahun 2012. Kematian bisa karena kiamat, atau bisa juga saat makan coklat (makan coklatnya di jalur rel kereta :P). Yang pasti selama belom mati, harus terus berbuat sesuatu buat perbaikan. Betul apa benul:mrgreen:

Jadi nggak 2012 nih…? Ya so what lah…. gitu? Looooooohhh….😛

Eh, tapi malah asik dong, kiamat kan 2012, masih lama keknya. Jadi, mumpung masih lama, ya ngapain githu… Kalo urusan tobat ya nanti aja, dekat-dekat 2012.

Nah lo… kan malah jadi kacau… hrghgrhgrhgrhg…..👿

.

Lintas Beritakan!

Share

.

Baca juga artikel-artikel lainnya yuks….😀


.

  1. Rahadian / Nov 21 2009 06:35

    Nice posting brader ….

  2. elrangga / Nov 22 2009 16:58

    Yup! Am Line With u!
    By the Way,, dah nonton pilm-nya kiamat 2012 belum bro???

  3. zonsDigital / Nov 23 2009 07:31

    @Rahadian: thanks 4 coming😉
    @elrangga: blom bro. bisa donlot dimana?😆

  4. annas / Nov 24 2009 17:12

    bul**** dengan film kiyamat 2012, hanya propaganda bodoh yang dilancarkan barat. http://bakudara.com/?p=2879

  5. dudijaya / Nov 30 2009 03:15

    blogwalking, maen ke blog saya ya: http://www.dudioke.co.cc/

  6. dudijaya / Nov 30 2009 03:17

    kiamat, duh dosa belum lunas semua nih..

  7. kolora / Des 3 2009 15:57

    Nice post bro…
    Bagi saya, yg tau kiamat hanya Dia… tak ada seorang pun yang bisa tahu kapan kiamat terjadi…

  8. Riky / Apr 4 2010 20:05

    Aslm. Saya berpendapat sama seperti bung kolora, hal2 yg ghaib hanya Allah semata yg tahu seperti Kematian, Jodoh, Rejeki dan Hari Kiamat. So, if u believe bahwa di tahun 2012 akan kiamat, berarti Anda sudah berbuat dosa yg amat besar yaitu dosa syirik. Dosa yg susah diampuni. Syukron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: