Skip to content
Desember 3, 2009 / zon

Mainan Baru Orang Jepang: U3-X, Sepeda Listrik Beroda Satu

Jepang memang biangnya inovasi teknologi alat elektronik, apa lagi yang berbau-bau robot. Dan, ini contoh terbaru inovasi buatan Jepang, sebuah sepeda listrik beroda satu (‘mechtronicunicycle) unik yang diberi nama U3-X (ada juga yang menamakannya UX-3). Apa yang menarik dari ‘mainan’ baru buatan Honda ini?

Yang pertama, tentu saja adalah rodanya yang cuma satu. Tapi itu mungkin bukan sesuatu yang terlalu istimewa juga, karena sepeda roda satu sudah lama ada, walau pun biasanya hanya bisa dipakai oleh orang yang jago akrobat atau pemain sirkus.

Jadi apa istimewanya?

*
*
*


*

*

*

*

*

*

*

Bisa Berdiri Tegak dan Nggak Bisa Jatuh


Yang istimewa dari UX-3 ini adalah, pemakainya (pengemudinya) tidak perlu menyeimbangkan diri untuk bisa mengendalikan kendaraan kecil ini, walau pun rodanya cuma satu. Kok bisa?

Iya, entah teknologi apa yang digunakan Honda (sebelumnya pernah membuat robot Asimo), bukan sulap bukan sihir, soalnya alat ini bisa berdiri tegak dengan sendirinya setelah beberapa detik begitu posisi pengisian baterai alat ini dilepas. Dan, alat ini diklaim hampir tidak mungkin jatuh, selama baterainya belum habis. Wuih….

*

Bergerak Ke Samping dan Ke Belakang


Terus, ada lagi yang istimewa. Untuk mengendalikannya, kita hanya perlu mencodongkan badan ke arah yang ingin kita tuju, selanjutnya alat ini akan menterjemahkan kecenderungan berat badan akibat kemiringan tubuh tersebut menjadi arah gerakan. Dan, nggak seperti sepeda normal, UX-3 ini bisa bergerak ke samping dan ke belakang. Pokoknya mengikuti arah condong badan kita.

*

*

Silahkan lihat video aja biar lebih jelas

Kalo video nggak nongol, coba klik di sini.

*

*

Asik apa Aduh?


Unik juga ya. Yang pasti, orang bakal dimanjakan kalau menggunakan sepeda ini. Harganya? Belum tau tuh... hehehe…

Bisa jadi tambah malas gerak deh…:mrgreen:

.

Lintas Beritakan!

Share

.

Baca juga artikel-artikel lainnya yuks….😀


.

  1. azzaam / Des 5 2009 19:02

    emang keren orang jepang…
    lucu sepedanya tuh🙂

  2. oby / Feb 16 2010 00:24

    kereen bgt yah orang orang jepang………
    kapan yahindonesia bisa bikin kayak gitu…….
    ckckkckc
    mampir balim yah nsob

  3. awan / Mar 9 2010 01:06

    keren banget

  4. blog doodey / Jan 28 2011 11:35

    heheh hebat bangets

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: