Skip to content
Mei 20, 2009 / zon

Clement Lefebvre: Yang Dukung Israel Harap Jauhi Linux Mint!

clement-lefebvre.resizedInterview-Clement-Lefebvre-Linux-Mint-2.resizedSiapa Clement Lefebvre?

Dia adalah pendiri sekaligus lead developer dari Linux Mint, salah satu distro linux varian Ubuntu yang sedang populer paling tidak menurut data Distrowatch saat ini.

Clem, begitu dia menyebut dirinya, membuat tulisan singkat bahwa dia tersentuh dengan kejadian di Palestina dan merasa bersalah telah secara pasif membantu terjadinya hal tersebut. Di akhir tulisannya dia menulis bahwa dia tidak mau menerima uang atau bantuan dari orang-orang yang mendukung aksi-aksi pemerintah Israel.

Awalnya tulisannya dimuat di blog Linux Mint, tetapi kemudian setelah mendapat beberapa masukan, akhirnya tulisannya dipindah ke blog pribadinya.

Saya cukup terkejut dengan keberanian seorang Clement Lefebvre yang melontarkan opini yang notabene berada di lingkungan yang sebagian besar akan menolak pendapatnya tersebut, dan dia tetap kokoh pada pendiriannya, walaupun banyak ditentang, terbukti dari komentar-komentar yang dilontarkan di blog tersebut.

Pada tulisan berikutnya di blog Linux Mint, dia katakan dengan percaya diri bahwa dia akan meneruskan proyek Linux Mint walaupun dengan orang-orang yang tersisa (maksudnya, setelah tulisannya sebelumnya, dia merasa bahwa Linux Mint mungkin akan ditinggalkan oleh sebagian orang yang tidak setuju dengan opininya tentang Palestina dan Israel).

Saya termasuk orang yang tidak setuju bila sebuah Operating System/software komputer yang dibangun bersama dan tidak ditujukan untuk golongan tertentu (seperti Linux Mint), dikait-kaitkan dengan hal-hal yang sifatnya SARA. Bukan apa-apa, walaupun secara keberpihakan politik mungkin saya setuju dengan pendirian Clem, tapi dalam hal ilmu yang sifatnya universal, alangkah piciknya kalau kita tidak saling bantu/berbagi apapun aliran politik, golongan, agama, etnis, atau apapun yang sifatnya pendirian pribadi.

Kecuali kalau ada OS/distro yang memang dikhususkan untuk golongan tertentu, seperti Ubuntu ME atau Ubuntu CE, silahkan saja kalau mau dibuat eksklusif, toh dari namanya sudah jelas untuk siapa…

Peace…

.

Share

.

Baca juga artikel-artikel lainnya yuks….😀

.

  1. sewu / Mei 20 2009 17:13

    Mungkin dia merasa sedih melihat anak2 kecil pd dibunuh soalnya anaknya dia khan masih kecil hehehe.. makasih boss sudah berkunjung ke sewu.wordpress.com😀

    • zons / Mei 23 2009 07:39

      Sama2, thanks udah mampir…
      Sekalian tambahin ke blogroll deh…

  2. wahyu am / Mei 26 2009 17:05

    im ubuntu user, sanes mint user😆
    tapi sama2 linux nding, hehe.

    • zons / Mei 27 2009 17:35

      Ane juga pake ubuntu bos, tapi masih barengan sama windows ama mac osx juga🙂
      thanks udah mampir, langsung masukin blogroll…

  3. qiera / Jun 5 2009 19:15

    mungkin maksud dia itu dia gak menerima bantuan dari orang yang mendukung ‘aksi‘ Israel yang maen bantai2an di Palestina, klo Israel udah ‘jinak‘ mungkin si Clem mau lagi terima dananya.

    yah…klo gw sih setuju2 aja, toh dia cuman gak mau menerima dana, bukan melarang orang makenya

    Visit me

    ———-ZonS———-

    thanks opininya bos…
    udah berkunjung juga ke blognya, nice blog🙂

    .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: