Skip to content
Agustus 12, 2009 / zon

Sepeda Idaman

sepeda-masa-depan-op-w250Pernah naik sepeda? Pasti pernah dong. Gimana? Asik, segar, atau… sebel karena capek? Wehehehe…, wajar kalau capek, karena namanya juga kendaraan tanpa mesin, jadi mengandalkan tenaga penggunanya supaya bisa terus bergerak.

Tapi, mungkin dengan sepeda masa depan ini, keluhan capek bisa jadi bukan masalah besar lagi, karena penggunanya tidak harus selalu mengayuh pedal, tapi kalau mau bisa diambil alih oleh mesin bertenaga baterai yang tenaganya disuplai oleh solar panel alias bertenaga matahari. Disainnya pun unik dan futuristik, berkesan simpel dan aerodinamis, khas ‘tampilan masa depan’. Keren kan?

Selain itu, masih ada lagi keistimewaan lainnya.

Chris Boardman, seorang mantan atlet sepeda asal Inggris peraih medali emas Olympiade di tahun 1992 seperti yang disampaikan oleh DailyMail, memperlihatkan sebuah desain sepeda masa depan.

desain sepeda masa depan

desain sepeda masa depan

Fitur-fitur yang dirancang adalah seperti ini:

  • Alat pengunci yang sangat aman dengan sistem komputer sehingga hanya sidik jari pemiliknya saja yang dapat membukanya.
  • Roda tanpa jari-jari yang aerodinamis dan ban anti bocor.
  • Bila pengendaranya capek, kayuhan pedal bisa digantikan oleh motor bertenaga baterai dengan panel surya.
  • Terdapat komputer mini untuk menghitung pembakaran kalori penggunanya selama bersepeda.
  • Bisa memainkan musik/lagu selama digunakan.
  • Rangka terbuat dari bahan carbon fibre yang sangat kuat tetapi ringan.

Tapi sayang, sepeda ini masih berupa desain, dan belum akan diproduksi. Walaupun begitu, perancang yakin sepeda ini akan menjadi produk massal yang digunakan sehari-hari dalam 20 tahun ke depan.

Hmmm…

logo_bike2work-100x100Saya jadi ingat dengan sekelompok orang yang menamakan dirinya Bike-to-Work (B2W) Indonesia atau Komunitas Pekerja Bersepeda Indonesia. Mereka adalah sekelompok pecinta sepeda yang mengkampanyekan penggunaan sepeda kepada masyarakat Indonesia, agar tercipta lingkungan yang lebih sehat.

Sayangnya, masyarakat sepertinya kurang tertarik. Bukan apa-apa, seperti saya sampaikan di awal tadi, bayangannya, bersepeda bikin capek. Kalau saja sepeda masa depan ini bisa hadir, mungkin ceritanya jadi lain, karena orang tidak harus selalu mengayuh pedal secara manual, jadi nggak terlalu capek.

Belum lagi soal gengsi, masak udah capek-capek cari duit, terus berhasil punya banyak duit, ujung-ujungnya naik sepeda lagi? Walah, nggak banget deh, naik mobil dong, keren… Begitu mungkin pikir orang-orang.

Hmmm, masih perlu kesadaran, terutama tentang isu lingkungan, dan juga kesehatan tubuh. Bersepeda  itu menyehatkan dan mengurangi polusi. Gengsi? Belakangan aja deh…

Terus…

Soal sistem pengunci anti-maling yang katanya canggih itu, kalau menurut saya, kok tetap saja nggak aman, terutama buat di Indonesia. Bukan apa-apa, maling disini canggih-canggih, susah dibuka kuncinya, ya digondol aja sepedanya,  wekekekekekeeeeee………

Ujung-ujungnya, tetap saja bakal perlu gembok yang sebesar-besarnya, terus diikat ke tiang, atau dimasukkan ke dalam mobil sekalian.:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

Tapi kita lihat aja nanti sepeda masa depan ini, namanya juga masih dalam tahap desain, dan akan terus disempurnakan.

Kring kring… weh, udah jarang ya sepeda bunyinya kring kring begitu?😀

Back to the future.

.

Lintas Beritakan!

Share

.

Baca juga artikel-artikel lainnya yuks….😀

.

  1. callighan / Agu 12 2009 12:36

    Kalau pakai sepeda itu untuk kerja, dijamin pulang jalan kaki. Hehe…

  2. swastika87 / Agu 12 2009 17:56

    sepeda ? awal yang sehat

  3. Yep / Agu 12 2009 21:03

    Wuih…manteb nih sepeda
    Keren Bozzz… 🙂

  4. siais / Agu 12 2009 21:37

    tuh sepeda bannya bisa muter ga yah…

    • Abu Kayis / Jan 12 2011 09:23

      Hehe… gaklah klo diparkir aza…!

  5. morishige / Agu 12 2009 22:05

    masih design ya? prototypenya belum adakah?

    ya, normal lah kebanyakan orang masih mengedepankan gengsi.:mrgreen: masih sedikit yang berpikiran terbuka untuk kemudian mengenyampingkan gengsi dan mulai berbuat sesuatu untuk lingkungan, seperti bersepeda ke kantor misalnya..:mrgreen:

  6. gmasgats / Agu 12 2009 23:59

    Dijamin sepeda yg ini harganya bagus, sesuai penampilan dan keistimewaannya.

  7. KangBoed / Agu 13 2009 09:03

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU FUUUULLLLLLLLLLLLLLLL

  8. KangBoed / Agu 13 2009 09:05

    hahaha.. harga sepeda sekarang lebh mahal dari motor nyaaaak weeeekeeekekeekek

  9. bluethunderheart / Agu 13 2009 09:10

    dah lama banget blue kagak naik sepeda nich……hmm pasti menyenangkan memiliki sepeda idamannya ehehhe….
    salam hangat selalu

  10. coretanpinggir / Agu 13 2009 10:08

    Wak gak ada rantainya…..

  11. ruanghatiberbagi / Agu 13 2009 11:47

    canggih nih sepeda, simply dan artistik

  12. indra1082 / Agu 13 2009 13:27

    Sepeda kayak gini bisa beli berapa mobil nih??😀

    Salam KBM

  13. Widdy / Agu 13 2009 14:50

    Canggih betul sepedanya
    bersepeda memang sehat tetapi jarang ada yg berminat coz cpk naek sepeda🙂
    salam kenal😛

  14. dheminto / Agu 13 2009 17:33

    keren bos! tapi pasti mahal. paling yg dapet beli yg mereka yg kaya aja.
    lam kenal deh!

  15. bluethunderheart / Agu 14 2009 13:29

    kapan kapan kita keliling jakarta sembari bersepeda bareng sahabat bloger seru kali ?
    salam hangat selalu

    pa cabar?

    • ZonS / Agu 14 2009 13:42

      ———-ZonS———-

      @ bluethunderheart: wah, boleh juga tuh…
      judulnya: Blogger Bersepeda Bareng (BBB) feat Melly Goeslaw, wkkkkk….

      .

  16. pelangiituaku / Agu 22 2009 07:43

    wow.. postingan yang segar… =)
    mau dunk dikirimin sepeda kayak gitu.. lucu dan unik,, mana warna biru lagi.. my favorite color.. hohohoho…

    zons..mampir iah ke blog pelangii…

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2009/08/17/ibu-pertiwi-janganlah-kau-menangis-kembali/

    makasiihh =)

  17. Hanster / Agu 23 2009 19:23

    Desain yang bagus….

    Kapan2 kita kLiling dah naik th seda,, haha

  18. hokya / Agu 29 2009 07:32

    bisa dilipet nggak tuh ?

  19. andrananda / Apr 22 2010 11:33

    itu berapa ya harganya….mahal nggak?

  20. pakdhe / Feb 9 2011 11:01

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: