Skip to content
Januari 5, 2011 / zon

Kenapa Harga Cabe Melonjak

Cabe itu pedas, Jenderal!😆

Cabai di pasar tradisional

Belakangan ini memang harga cabai sedang gila-gilanya. Sampe harga cabe itu udah lebih mahal dari daging ayam. Seribu perak cuma dapat berapa biji cabe rawit aja, yang biasanya seribu dapat sebungkus cabe rawit yang cukup untuk bikin jontor mulut selama dua tiga hari😆

Kira-kira, kenapa harga cabe melonjak?

Dulu, saya pernah gambling jadi pengusaha (baca: petani) cabai di daerah Garut. dan akhirnya bangkrut. Selain memang kurang terlalu serius menjalaninya, nggak kuat juga ngikuti ‘permainan’ harga cabai ini.

Bagi petani, biasanya lonjakan harga cabe nggak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan mereka. Malah terkadang pusing tujuh keliling lapangan bola karena panen gagal di musim hujan seperti ini. Tapi mungkin itu pula yang menyebabkan harga cabai jadi mahal aujubilah, stock menipis sementara permintaan tetap tinggi. Belum lagi karena sifat komoditi cabai ini yang cepat membusuk sehingga harus cepat disalurkan. Belum lagi trik para tengkulak, bandar, distributor dan lain sebagainya menyetel harga melihat peluang. Nah, jadi deh harganya naik-naik ke puncak gunung.

Harga cabe ini memang tergolong tidak stabil. Kadang dapat murah meriah, kadang dikasih mahal ga pake akal.

Sementara pemerintah sendiri ga bisa apa-apa, cuma bisa mendorong agar dinas pertanian di setiap daerah meningkatkan kapasitas produksi cabai.

Pedas!

.

  1. alamendah / Jan 5 2011 19:37

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Lonjakan harga cabai cuman bikin geleng2 petani cabai. Soalnya di tingkat petani, harganya wajar-wajar saja, tuh.

    • zon / Jan 10 2011 18:02

      geleng2 juga deh…

      .

  2. untung prayogi / Jan 7 2011 08:35

    Ya..pemerintah ternyata tidak berdaya menghadapi pedasnya cabe…padahal kritikan untuk pemerintah lebih pedas tapi kok santai santai aja…………..

    • zon / Jan 10 2011 18:03

      enjoy aja😆

      .

  3. fitridefi / Jan 9 2011 19:33

    yup. untung aku bukan orang minang yang suka makan cabe..
    hehe🙂

    visit back ya!

    • zon / Jan 10 2011 18:04

      sukanya makan apa?🙂
      nice blog eniwei…

      .

  4. icha / Jan 19 2011 19:05

    hahahah
    harga cabei naikkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. Restsindo - hty / Jan 17 2012 16:14

    itu terjadi karena banyak faktor bro. tetapi yang jelas adalah hukum kekekalan pasar…… he … he…..
    Jumlah Barang banyak permintaan sedikit maka harga menurun.
    Jumlah Barang sedikit permintaan banyak maka harga melonjak dan jingkrak jingkrak.
    Jumlah barang dan permintaan sama maka itu namanya keseimbangan pasar.

    Faktor apa yang mempengaruhi jumlah barang itu tanya ke pak tani ?
    Faktor apa yang mempengaruhi permintaan maka lihat kondisi . Jika mau lebaran maka banyak orang punya gawe dan ingin makan enak enak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: