Skip to content
September 25, 2009 / zon

Energi Raksasa dari Panasnya Jalan Raya

Solar Roadway

Solar Roadway

Pernah nggak iseng jalan kaki (bukan naik mobil loh!) di jalan raya pas siang hari bolong? Iseng banget, ngapain… panas banget kaleee…. Itu dia, panas banget kan? Kebayang gak, kalo panasnya jalan raya yang terbuka, nggak ada pohon, diubah jadi energi? Wuih… ini dianya yang terbelakang:mrgreen:

Maksudnya, panas matahari itu kan salah satu sumber energi. Sementara, jaman sekarang di mana kendaraan makin banyak sehingga banyak dibuat jalan raya, kalau siang hari jalanan itu dijemur matahari sehingga jalan itu jadi panas banget. Kalo dipikir, betapa banyak energi panas yang bisa diserap oleh jalan raya itu.

Kalau saja seluruh jalan raya yang panjangnya berkilo-kilo meter itu  didesain sedemikian rupa sehingga bisa menyerap panas dan bisa mengkonversi energi panas itu jadi energi listrik misalnya (sebagai solar panel), kan sumber energi baru yang berlimpah tuh.

Wow… mantap …😀

solar-roadway-w540

Menurut saya, ide menjadikan jalan raya sebagai panel energi surya itu adalah ide yang sangat-sangat brilian, di tengah krisis energi sekarang ini. Bukan saya yang punya ide:mrgreen: Tapi, sekelompok ilmuwan di Amerika Serikat sana.

Brusaw Scott, penemu ide itu sekaligus pendiri Solar Roadways, bahkan sudah menerima insentif dari pemerintah Amerika untuk mengembangkan prototype yang mengubah jalan raya jadi semacam panel generator pembangkit listrik raksasa yang bersumber dari energi matahari di jalan raya.

*

Wujud dimanfaatkan


Rencananya, bahan pembuatan panel itu dari bahan kaca, tapi yang sekuat aspal jalan:

  • Memiliki kualitas traksi sama seperti aspal
  • Dapat menahan sepenuhnya pengereman keras dari sebuah truk trailer berkecepatan 80mph
  • Dapat menahan panas dan dingin
  • Mengurangi silau saat menyerap sinar matahari
  • Juga bisa jadi tempat layar LED untuk signage (rambu) jalan.

Menurut si peneliti, semua hal itu bisa diwujudkan.

Kalau jadi diwujudkan, banyak manfaatnya. Jalan raya bukan sekedar jalan buat kendaraan, tapi plus penyerap panas dan pembangkit listrik. Listrik buat rumah-rumah dan gedung langsung diambil dari jalan raya itu. Lalu, juga bisa digunakan sebagai tempat pengisian (charger) baterai mobil listrik. Kalau di Amerika sana, bisa digunakan sebagai pemanas jalan kalau musim salju. Dan, permukaan jalan raya itu bisa digunakan sekaligus sebagai signage (rambu-rambu) berupa lampu di permukaan jalan. Lihat saja contoh desainnya ini.

solar-roadway-anim-w540

*

solar-roadway-skema

*

Berikut adalah video penjelasan si ilmuwan tentang badan jalan sekaligus panel surya ini.

*

Lebih liar lagi


Sekalian menghayal, ide gila nih, mungkin jalan itu bisa juga dijadikan layar games semacam games komputer? Wakakakaka…….. Mungkin aja loh, kalo jadi… kan udah seperti layar kaca yang bisa menampilkan animasi tuh, ukuran layarnya besar banget malah:mrgreen:

Smart drive.

.

Lintas Beritakan!

Share

.

Baca juga artikel-artikel lainnya yuks….😀

.

  1. alamendah / Sep 25 2009 05:27

    pertama dulu, ya?

    • alamendah / Sep 25 2009 05:31

      Natar malah jadi macet. soalnya orang2 kayak situ pada berhenti sembarangan untuk main game.

      • ZonS / Sep 25 2009 06:54

        macet gara2 jalanan buat ngegame…. wkkkkk…:mrgreen:

        .

  2. bocahbancar / Sep 25 2009 06:32

    Hhmm…sangat keren sich….
    But coba kalo ilmuan itu di Indo, sudah diketawakan kali ya….
    Untngnya di sana yang punya dana banyak…

    Indonesia mau buat gebrakan apah yawh..

    • ZonS / Sep 25 2009 06:55

      kalo di sini, ide yg agak aneh dikit aja udah ditolak😦

      .

  3. yosbeda / Sep 25 2009 13:14

    abiz berpa duit tuh, kalau proyek itu direalisasikan…
    mending buat biaya perbaiakn bumi yg makin rusak..
    hehe

    • Zons / Sep 25 2009 19:49

      yg pasti indonesia blom mampu bikin begini, paling gak saat ini :p
      tapi paling gak ini bisa membuka pikiran peneliti lain, bahwa ada energi melimpah di jalan raya yg makin panjang n bikin gersang😀

      .

  4. nusantaraku / Sep 26 2009 15:43

    Terima kasih infonya.
    Mau download videonya.
    Bahannya pasti relatif mahal. Kayaknya pasang diatas atap orang dahulu…
    Btw…great idea.

  5. oka / Sep 27 2009 12:03

    mmmmm…..
    psti mahal ni…
    nyari bhannya, ato mlah bkin bhannya…..
    trus instalasinya jga….
    waaaahhh….
    mahal d pkoknya…
    mngkin 10 – 15 taun k dpan bru ad ini…..

  6. avir / Sep 27 2009 14:28

    gw jd inget sm mainan gw waktu kcil mobil2an listrik yg pk trek khusus ternyata bs real ya.. canggihh..

  7. portal jual beli dan pasang iklan / Sep 27 2009 15:12

    jhhhaha iy mgkn jadi lebh macet, abis pada ngeliatin seh jadinya

  8. dins / Sep 27 2009 16:10

    keren banget.

  9. fadielajah / Sep 29 2009 00:32

    wah.. mwnya bsa dkembangkan ni.. ide brilliannn

    salam fadiel

  10. leonid sp / Okt 13 2009 10:03

    ide brilian dan perlu diteliti lebih lanjut di indonesia.

  11. opik / Okt 15 2009 14:36

    ide gila yang amat sangat keren sekali…!!

  12. Robin Septavyn Sitanggang / Des 3 2009 07:24

    ide brilian kk..
    bagusnya listrik yang dihasilkan disimpan dulu dalam baterai selain dipake untuk lampu lalu lintas trus yang disimpan itu dipake buat malam hari buat lampu penerangan jalan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: